Pentingnya Filsafat Ilmu untuk Psikologi

Awalnya saya masih bingung juga kenapa, apa, dan untuk apa saya sebagai salah satu mahasiswa jurusan psikologi mempelajari filsafat ilmu. Apakah ada kaitan antara filsafat ilmu dengan psikologi? Karena rasa penasaran itulah yang akhirnya mendorong saya mencari tahu lebih banyak tentang filsafat ilmu. Banyak artikel dari internet dan buku yang selalu menegaskan betapa pentingnya filsafat ilmu untuk dipelajari. Filsafat ilmu merupakan induk/akar ilmu pengetahuan. Dimana masih terdapat kaitan yang dekat antara filsafat ilmu dengan ilmu pengetahuan. Yang saya simpulkan dari filsafat ilmu adalah ilmu yang mengkaji dan mempelajari seluruh ilmu pengetahuan berikut fenomena-fenomena sosial yang mengiringinya.

Menurut saya ada 4 hal esensial yang harus dikuasai seorang psikolog. Yakni mampu dalam hal pengamatan, penelitian, pengkajian dan pengambilan analisa serta kesimpulan terhadap sesuatu. Dan ternyata 4 hal tersebut merupakan ciri dan cara kerja filsafat ilmu. Inilah yang memunculkan anggapan dari diri saya bahwa filsafat ilmu tentu masih ada kaitan dengan psikologi. Seperti jika kita akan membangun rumah pasti akan dibutuhkan pondasi dan atap yang sama-sama kuatnya. Filsafat ilmu sebagai pondasi dan psikologi sebagai atapnya. Filsafat ilmu sebagai pondasi awal akan banyak ditanamkan nilai-nilai moral yang penting untuk dipelajari.

Akan banyak manfaat yang muncul setelah mendalami filsafat ilmu. Dengan mempelajari filsafat ilmu kita akan lebih terarah dan meyakini tujuan hidup kita sebagai manusia. Tidak terus menerus menjadi follower saja yang hanya ikut-ikutan trend. Tetapi menjadi pribadi yang lebih percaya diri mengemukakan pendapat sendiri untuk tujuan kebenaran.

Filsafat ilmu juga membiasakan kita berfikir kritis dan radikal serta bijaksana dalam pemecahan-pemecahan permasalahan sosial. Dalam filsafat ilmu juga lah memberikan kebebasan cara berfikir yang tidak lagi terikat dengan paradigma tradisi terdahulu. Kita sebagai mahasiswa akan lebih leluasa mengemukakan pemikiran-pemikiran baru yang bisa saja menjadi perubahan besar untuk sesama tanpa melupakan nilai-nilai moral dan kesantunan dalam berpendapat. Menurut saya inilah yang menjadikan filsafat ilmu sangat penting untuk dipelajari terlebih diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Artikel Terkait:

    None Found

Author:

This author has published 186 articles so far. More info about the author is coming soon.

Free Email Update

Dapatkan Update Terbaru dari Kuliah Psikologi via Email secara gratis. Masukkan alamat email Anda. Silahkan CONFIRM email pendaftaran Anda setelah melakukan pendaftaran.

Comments are closed.